11 manfaat kesehatan dari makan ikan yang didukung oleh penelitian

11 manfaat kesehatan dari makan ikan yang didukung oleh penelitian

Tersenyum Pria Chef Cutting FishIkan adalah salah satu makanan paling sehat pada planet ini.

Ini sarat dengan nutrisi penting, seperti protein dan vitamin D.

Ikan juga adalah sumber omega-tiga asam lemak terbaik pada global, yang sangat krusial bagi tubuh dan otak Anda.

Berikut 11 manfaat kesehatan dari makan ikan yg didukung sang penelitian.

Secara generik, semua jenis ikan mengagumkan buat Anda.

Mereka memiliki banyak nutrisi sehingga kebanyakan orang nir mendapatkan relatif.

Ini termasuk protein berkualitas tinggi, yodium dan berbagai vitamin & mineral.

Namun, beberapa ikan lebih baik dari yang lain, dan jenis ikan berlemak dianggap paling sehat .

Itu karena ikan berlemak (misalnya salmon, trout, sarden, tuna dan mackerel) lebih tinggi pada nutrisi berbasis lemak.

Ini termasuk vitamin D yang larut dalam lemak, nutrisi yang kebanyakan orang kekurangan. Ini berfungsi misalnya hormon steroid dalam tubuh.

Ikan berlemak juga jauh lebih tinggi dalam asam lemak omega-3. Asam lemak ini sangat penting bagi tubuh dan otak Anda untuk berfungsi secara optimal, dan sangat terkait dengan penurunan risiko banyak penyakit .

Untuk memenuhi kebutuhan omega-3 Anda, makan ikan berlemak setidaknya satu atau 2 kali seminggu dianjurkan.

Intinya: Ikan kaya nutrisi penting, termasuk protein berkualitas tinggi, yodium dan berbagai vitamin dan mineral. Jenis ikan berlemak juga tinggi asam lemak omega-3 dan vitamin D.

Hati dan Stetoskop

Serangan jantung dan stroke merupakan dua penyebab paling umum kematian dini di dunia.

Ikan umumnya dianggap sebagai kuliner terbaik yg bisa Anda makan buat kesehatan jantung.

Tidak mengherankan, banyak penelitian observasional besar telah memberitahuakn bahwa orang yang makan ikan secara teratur sepertinya mempunyai risiko agresi jantung, stroke & kematian dampak penyakit jantung yang lebih rendah.

Dalam sebuah penelitian terhadap lebih berdasarkan 40.000 profesional kesehatan pria pada Alaihi Salam, mereka yg secara teratur mengkonsumsi 1 atau lebih porsi ikan per minggu memiliki risiko penyakit jantung 15% lebih rendah.

Periset percaya bahwa jenis ikan berlemak lebih bermanfaat buat kesehatan jantung, karena jumlah asam lemak omega-tiga yang tinggi.

Bottom Line: Makan setidaknya satu porsi ikan per minggu dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung dan stroke, dua pembunuh terbesar di dunia.

Asam lemak omega-tiga sangat krusial buat pertumbuhan & perkembangan.

Asam docosahexaenoic asam lemak omega-3 (DHA) sangat penting, karena menumpuk di otak dan mata yang sedang berkembang.

Untuk alasan ini, sering disarankan agar mak hamil & mak hamil memastikan makan cukup asam lemak omega-tiga.

Namun, ada satu peringatan dengan merekomendasikan ikan untuk mengharapkan ibu. Beberapa ikan mengandung merkuri tinggi , yang ironisnya terkait denganmasalah perkembangan otak .

Untuk alasan ini, bunda hamil hanya boleh mengonsumsi ikan yg rendah dalam rantai kuliner (salmon, sarden, trout, dll), & nir lebih dari 12 ons (340 gram) per minggu.

Wanita hamil pula harus menghindari ikan mentah & mentah (termasuk sushi), lantaran mengandung mikroorganisme yang mampu membahayakan janin.

Intinya: Ikan mengandung asam lemak omega-3 tinggi, yang penting untuk perkembangan otak dan mata. Dianjurkan agar ibu hamil dan ibu hamil memastikan makan cukup banyak omega-3.

Salah satu konsekuensi penuaan adalah bahwa fungsi otak tak jarang memburuk (disebut sebagai penurunan kognitif terkait usia).

Ini normal pada banyak kasus, tapi kemudian ada pula penyakit neurodegeneratif yg berfokus seperti penyakit Alzheimer.

Menariknya, poly penelitian observasional telah memberitahuakn bahwa orang yang makan lebih poly ikan memiliki tingkat penurunan kognitif yang lebih lambat.

Salah satu mekanisme bisa dikaitkan dengan materi abu-abu di otak. Gray matter adalah jaringan fungsional utama di otak Anda, mengandung neuron yang memproses informasi, menyimpan kenangan dan membuat Anda menjadi manusia.

Studi telah memberitahuakn bahwa orang yang makan ikan setiap minggu mempunyai lebih banyak materi abu-abu di pusat otak yang mengatur emosi & memori.

Bottom Line: Konsumsi ikan terkait dengan berkurangnya penurunan fungsi otak di usia tua. Orang yang makan ikan secara teratur juga memiliki lebih banyak materi abu-abu di pusat otak yang mengendalikan memori dan emosi.

Depresi merupakan gangguan mental yg serius dan sangat generik.

Hal ini ditandai menggunakan rendahnya mood, kesedihan, penurunan energi & kehilangan minat pada hidup dan kegiatan.

Woman Underwater, Menatap Ikan Mas

Meski tidak dibicarakan hampir sama seperti penyakit jantung atau obesitas, depresi saat ini merupakan salah satu masalah kesehatan terbesar di dunia .

Studi sudah menemukan bahwa orang yang makan ikan secara teratur cenderung nir mengalami depresi.

Berbagai percobaan terkontrol juga menemukan bahwa asam lemak omega-3 bermanfaat melawan depresi, dan secara signifikan meningkatkan efektivitas obat antidepresan .

Apa ialah ikan itu benar-benar mampu menciptakan Anda menjadi orang yg lebih senang & menaikkan kualitas hayati Anda.

Asam lemak ikan & omega-3 juga dapat membantu gangguan mental lainnya, misalnya gangguan bipolar.

Intinya: Asam lemak omega-3 bisa bermanfaat melawan depresi, keduanya sendiri dan bila diminum dengan obat antidepresan.

Vitamin D telah menerima banyak perhatian primer pada beberapa tahun terakhir.

Vitamin krusial ini sebenarnya berfungsi misalnya hormon steroid pada tubuh, dan 41,6% kekalahan populasi AS kurang pada dalamnya.

Produk ikan dan ikan merupakan sumber makanan terbaik vitamin D, sejauh ini. Ikan berlemak seperti salmon dan herring mengandung jumlah tertinggi .

Satu porsi 4 ons (113 gram) salmon matang mengandung sekitar 100% asupan vitamin D.

Beberapa minyak ikan, seperti minyak hati ikan cod, pula sangat tinggi vitamin D, menaruh lebih menurut 200% asupan yg direkomendasikan dalam satu sendok makan.

Jika Anda tidak mendapatkan banyak sinar matahari dan tidak makan lemak ikan secara teratur, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengambil suplemen vitamin D .

Intinya: Ikan berlemak merupakan sumber vitamin D yang sangat baik, nutrisi penting yang bisa diatasi oleh lebih dari 40% orang.

Penyakit autoimun terjadi waktu sistem kekebalan tubuh secara galat menyerang & menghancurkan jaringan tubuh yang sehat.

Contoh kunci adalah diabetes tipe 1, yg melibatkan sistem kekebalan tubuh yang menyerang sel pembuat insulin pada pankreas.

Beberapa penelitian menemukan bahwa konsumsi omega-tiga atau minyak ikan dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 1 dalam anak-anak, & pula menjadi bentuk diabetes autoimun dalam orang dewasa.

Hasilnya merupakan awal, tetapi para periset percaya bahwa ini mungkin ditimbulkan sang asam lemak omega-3 & vitamin D pada ikan dan minyak ikan.

Beberapa percaya bahwa konsumsi ikan juga bisa menurunkan risiko rheumatoid arthritis & multiple sclerosis, namun bukti waktu ini lemah paling baik.

Intinya: Makan ikan telah dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 1 dan beberapa penyakit autoimun lainnya.

Asma adalah penyakit umum yang ditandai dengan peradangan kronis di saluran napas.

Sayangnya, tingkat asma telah semakin tinggi secara dramatis selama beberapa dekade terakhir.

Studi memperlihatkan bahwa konsumsi ikan secara teratur dikaitkan menggunakan risiko asma 24% lebih rendah dalam anak-anak, namun nir terdapat dampak signifikan yang ditemukan dalam orang dewasa.

Bottom Line: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang makan lebih banyak ikan memiliki risiko lebih rendah terkena asma.

Eye on White Background

Penyakit yang disebut degenerasi makula adalah penyebab utama kerusakan penglihatan dan kebutaan, dan sebagian besar mempengaruhi orang tua.

Ada beberapa bukti bahwa asam lemak ikan dan omega-tiga dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit ini.

Dalam sebuah penelitian, konsumsi ikan secara teratur dikaitkan menggunakan risiko degenerasi makula 42% lebih rendah pada wanita.

Studi lain menemukan bahwa mengonsumsi ikan berlemak sekali seminggu dikaitkan dengan penurunan 53% penurunan degenerasi makula neovaskular ("basah").

Intinya: Orang yang makan lebih banyak ikan memiliki risiko terkena degenerasi makula yang jauh lebih rendah, penyebab utama kerusakan penglihatan dan kebutaan.

Gangguan tidur telah menjadi sangat umum di semua dunia.

Ada banyak alasan yang berbeda untuk ini (seperti meningkatnya paparan sinar biru ), namun beberapa peneliti percaya bahwa defisiensi vitamin D juga dapat berperan.

Dalam sebuah penelitian selama 6 bulan terhadap 95 pria paruh baya, makan dengan salmon tiga kali per minggu menyebabkan perbaikan pada fungsi tidur dan fungsi sehari-hari.

Para peneliti berspekulasi bahwa ini disebabkan sang vitamin D pada salmon.

Bottom Line: Ada bukti awal bahwa makan ikan berlemak seperti salmon dapat menyebabkan tidur yang lebih baik.

Yang terakhir ini bukan manfaat kesehatan, tapi tetap sangat penting.

Ini adalah fakta bahwa ikan itulezat dan mudah disiapkan.

Untuk alasan ini, sebaiknya mudah memasukkannya ke dalam makanan. Makan ikan 1-2 kali per minggu dinilai cukup untuk menuai keuntungan.

Jika memungkinkan, pilih ikan tangkapan liar di atas peternakan . Ikan liar cenderung memiliki lebih banyak omega-3 dan cenderung tidak terkontaminasi dengan polutan berbahaya.

Yang sedang berkata, bahkan jika makan ikan bertani, manfaatnya masih jauh lebih besar daripada risikonya. Semua jenis ikan bagus untukmu.

fendy

Author : fendy

Share with

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

Tidak ada produk di keranjang.