8 Manfaat yang Didukung Sains dari Suplemen MSM

8 Manfaat yang Didukung Sains dari Suplemen MSM

Methylsulfonylmethane, lebih dikenal sebagai MSM, adalah suplemen diet populer yang digunakan untuk mengobati beragam gejala dan kondisi.

Ini adalah senyawa yang mengandung sulfur yang ditemukan secara alami pada tumbuhan, hewan, dan manusia. Ini juga dapat diproduksi di laboratorium untuk membuat suplemen makanan dalam bentuk bubuk atau kapsul.

MSM secara luas digunakan di bidang pengobatan alternatif dan oleh orang-orang mencari cara alami untuk meredakan nyeri sendi, mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan.

Selain itu, penelitian mendukung penggunaannya dalam mengobati sejumlah kondisi dari arthritis hingga rosacea.

Berikut adalah 8 manfaat kesehatan yang didukung sains dari MSM.

RINGKASANPenelitian telah menunjukkan bahwa MSM efektif dalam mengurangi nyeri sendi, kekakuan dan pembengkakan. Dengan demikian, itu dapat meningkatkan kualitas hidup Anda.

1. Dapat Menurunkan Nyeri Sendi, Yang Dapat Meningkatkan Kualitas Hidup Anda

Suplemen MSM

Salah satu penggunaan MSM yang paling populer adalah untuk mengurangi nyeri sendi atau otot.

Telah terbukti bermanfaat bagi mereka dengan degenerasi sendi, penyebab umum rasa sakit di lutut, punggung, tangan dan pinggul.

Degenerasi sendi dapat berdampak negatif terhadap kualitas hidup Anda dengan membatasi pergerakan dan mobilitas Anda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa MSM secara signifikan mengurangi peradangan di tubuh Anda. Ini juga menghambat pemecahan kartilago, jaringan fleksibel yang melindungi ujung tulang Anda di persendian.

Sebuah penelitian pada 100 orang di atas usia 50 menemukan bahwa pengobatan dengan suplemen yang mengandung 1.200 mg MSM selama 12 minggu mengurangi rasa sakit, kekakuan dan pembengkakan pada persendian, dibandingkan dengan plasebo.

Kelompok yang menerima suplemen juga melaporkan peningkatan kualitas hidup secara keseluruhan dan lebih sedikit kesulitan berjalan dan bangun dari tempat tidur.

Studi lain pada 32 orang dengan nyeri punggung bawah menemukan bahwa mengambil suplemen glukosamin yang mengandung MSM secara signifikan mengurangi kekakuan lumbal dan nyeri saat bergerak, ditambah sangat meningkatkan kualitas hidup.

RINGKASANMSM dapat mengurangi pelepasan molekul yang terkait dengan peradangan, seperti TNF-ɑ dan IL-6, serta meningkatkan kadar glutathione antioksidan kuat.

2. Memiliki Efek Anti-Peradangan, Seperti Meningkatkan Tingkat Glutathione

Sifat anti-inflamasi MSM didokumentasikan dengan baik oleh penelitian ilmiah.

Diyakini bahwa MSM menghambat NF-kB, kompleks protein yang terlibat dalam respon inflamasi dalam tubuh Anda.

Ini juga mengurangi produksi sitokin seperti tumor necrosis factor alpha (TNF-ɑ) dan interleukin 6 (IL-6), yang menandakan protein terkait dengan peradangan sistemik.

Selain itu, MSM dapat meningkatkan kadar glutathione, antioksidan kuat yang diproduksi oleh tubuh Anda.

Sebagai contoh, suplementasi dengan MSM secara signifikan mengurangi peradangan pada tikus dengan ulkus lambung dengan menghambat pelepasan sitokin inflamasi termasuk TNF-ɑ dan IL-6, serta meningkatkan tingkat glutathione.

Studi lain pada 40 pria yang aktif secara fisik menunjukkan bahwa mengambil 3 gram MSM sebelum latihan lengkap menurunkan pelepasan sitokin inflamasi dan mencegah over-stres sel kekebalan tubuh, dibandingkan dengan plasebo.

RINGKASANMSM dapat membantu mengurangi rasa sakit, kerusakan otot dan stres oksidatif setelah latihan yang intens, membantu Anda pulih lebih cepat.

3. Dapat Mempercepat Pemulihan Setelah Olahraga dengan Mengurangi Kerusakan Otot dan Stres

Selama latihan yang lengkap, kerusakan otot terjadi dan stres oksidatif meningkat.

Hal ini menyebabkan atlet mengalami nyeri otot dan nyeri, yang dapat menghambat kinerja dan pelatihan atletik.

MSM secara alami dapat mempercepat pemulihan otot setelah latihan intens dengan mengurangi peradangan dan stres oksidatif.

Sebuah penelitian pada 18 pria menunjukkan bahwa mengambil 50 mg serbuk MSM per kg berat badan selama 10 hari secara signifikan mengurangi kerusakan otot akibat latihan dan peningkatan aktivitas antioksidan setelah lari 8,7 mil (14 km).

Ini mungkin juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit setelah latihan yang lama.

Dalam satu penelitian, 22 wanita sehat menerima 3 gram MSM atau plasebo per hari selama tiga minggu menjelang setengah maraton. Kelompok MSM melaporkan nyeri otot dan nyeri sendi lebih sedikit daripada kelompok plasebo.

Studi lain menemukan bahwa pria atletik yang mengonsumsi 3 gram MSM setiap hari selama dua minggu memiliki tingkat IL-6 yang lebih rendah dan lebih sedikit nyeri otot setelah latihan ketahanan yang intens.

RINGKASANSuplemen MSM telah terbukti membantu mengurangi rasa sakit dan kekakuan pada orang-orang dengan artritis. Ini juga dapat membantu meningkatkan fungsi fisik.

4. Membantu Mengurangi Gejala Arthritis dengan Mengurangi Nyeri dan Kekakuan

Arthritis adalah kondisi peradangan umum yang menyebabkan rasa sakit, kekakuan dan rentang gerak yang berkurang di sendi Anda.

Karena MSM memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat, itu sering digunakan sebagai alternatif alami untuk obat-obatan untuk memperbaiki gejala terkait arthritis .

Sebuah penelitian pada 49 orang dengan osteoarthritis lutut menemukan bahwa mengambil 3,4 gram MSM per hari selama 12 minggu mengurangi rasa sakit dan kekakuan dan meningkatkan fungsi fisik, dibandingkan dengan plasebo.

Selain itu, dapat meningkatkan efektivitas suplemen umum lainnya yang digunakan untuk mengobati radang sendi seperti glucosamine sulfate, chondroitin sulfate dan asam boswellic.

Satu studi menemukan bahwa menggabungkan MSM dengan glucosamine dan chondroitin lebih efektif dalam mengurangi rasa sakit dan kekakuan pada orang dengan osteoarthritis lutut daripada glucosamine dan chondroitin sendiri.

Studi lain menunjukkan bahwa suplemen harian yang mengandung 5 gram MSM dan 7 gram asam boswellic lebih efektif daripada glucosamine dalam mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi pada orang dengan osteoarthritis lutut.

Terlebih lagi, orang-orang yang menerima MSM dan suplemen asam boswellic kurang tergantung pada obat anti-inflamasi daripada kelompok glukosamin.

RINGKASANMSM dapat membantu mengurangi gejala terkait alergi – termasuk batuk, sesak napas, kemacetan, bersin dan kelelahan – dengan mengurangi peradangan.

5. Dapat Membantu Meringankan Gejala Alergi dengan Mengurangi Peradangan

Rinitis alergi adalah reaksi alergi yang menyebabkan gejala seperti mata berair, bersin, gatal, pilek dan hidung tersumbat.

Pemicu umum rinitis alergi termasuk bulu binatang, serbuk sari, dan jamur.

Setelah terpapar alergen, banyak zat peradangan seperti prostaglandin dan sitokin dilepaskan, yang mengarah pada gejala yang tidak menyenangkan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa MSM mungkin efektif dalam mengurangi gejala rinitis alergi.

Ini dapat menurunkan reaksi alergi dengan menurunkan peradangan dan menghambat pelepasan sitokin dan prostaglandin.

Sebuah studi pada 50 orang dengan rinitis alergi menemukan bahwa dosis 2.600 mg MSM per hari selama 30 hari mengurangi gejala termasuk gatal, sesak napas, bersin dan batuk.

RINGKASANMSM dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan mengurangi peradangan dan meningkatkan tingkat glutathione.

6. Dapat Meningkatkan Kekebalan dan Membantu Anda Tetap Sehat

Sistem kekebalan Anda adalah jaringan khusus dari jaringan, sel, dan organ yang melindungi tubuh Anda dari penyakit dan penyakit.

Ini dapat dilemahkan oleh hal-hal seperti stres, penyakit, pola makan yang buruk, kurang tidur atau kurangnya aktivitas.

Senyawa belerang seperti MSM memainkan peran penting dalam kesehatan sistem kekebalan Anda.

Misalnya, MSM mungkin efektif dalam mengurangi stres oksidatif dan peradangan yang dapat melemahkan kekebalan. Karena efektif dalam mengurangi tingkat senyawa peradangan seperti IL-6 dan TNF-ɑ, MSM dapat mengurangi stres pada sistem kekebalan Anda.

Selain itu, memainkan peran dalam penciptaan glutathione, antioksidan tuan tubuh Anda. Ini juga dapat membantu meningkatkan kadar senyawa penting ini.

Memiliki kadar glutathione yang memadai sangat penting untuk kesehatan dan fungsi keseluruhan sistem kekebalan Anda.

Sebuah penelitian tabung menunjukkan bahwa MSM secara efektif memulihkan tingkat glutathione dan mengurangi penanda inflamasi pada sel-sel tikus yang telah dilemahkan dengan protein HIV.

RINGKASANMSM dapat meningkatkan kesehatan kulit dengan memperkuat keratin dan mengurangi peradangan. Bahkan bisa membantu mengurangi gejala kondisi kulit tertentu juga.

7. Bisa Meningkatkan Kesehatan Kulit dengan Memperkuat Keratin

Keratin adalah protein yang berfungsi sebagai komponen struktural utama pada rambut, kulit dan kuku Anda.

Ini mengandung kadar tinggi sistein asam amino yang mengandung sulfur. Itu sebabnya rambut yang terbakar mengeluarkan bau belerang yang khas.

MSM dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit dengan bertindak sebagai donor sulfur ke keratin. Ini, pada gilirannya, dapat membantu memperkuat protein penting ini.

MSM juga membantu mengurangi peradangan, yang dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan tanda-tanda penuaan dini seperti keriput.

Bahkan dapat mengurangi gejala kondisi kulit yang bermasalah seperti rosacea, yang dapat menyebabkan kemerahan, iritasi dan peradangan pada kulit.

Satu penelitian menunjukkan bahwa, ketika diterapkan pada kulit, MSM secara signifikan meningkatkan kemerahan, gatal, peradangan, hidrasi dan warna kulit pada orang dengan rosacea.

RINGKASANPenelitian telah menunjukkan bahwa MSM menunjukkan sifat melawan kanker dalam uji tabung dan penelitian pada hewan, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan.

8. Memiliki Properti yang Melawan Kanker

Salah satu bidang penelitian terbaru yang melibatkan LSL sedang mempelajari keefektifannya dalam melawan sel kanker. Meskipun penelitiannya terbatas, hasilnya telah menjanjikan sejauh ini.

Beberapa penelitian tabung menunjukkan bahwa MSM menghambat pertumbuhan sel-sel kanker perut, esofagus, hati, usus besar, kulit dan kandung kemih.

Tampaknya hal ini dilakukan dengan merusak DNA sel kanker dan menstimulasi kematian sel kanker.

MSM juga muncul untuk mencegah penyebaran sel kanker, juga dikenal sebagai metastasis.

Sebuah penelitian pada tikus dengan kanker hati menunjukkan bahwa mereka yang disuntik dengan MSM memiliki tumor yang lebih sedikit, ukuran tumor yang lebih kecil dan kerusakan hati yang lebih sedikit daripada mereka yang tidak menerima pengobatan.

Studi tikus lain menunjukkan bahwa MSM menghambat pertumbuhan sel kanker payudara manusia.

Meskipun hasil ini menggembirakan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan keamanan dan kemanjuran penggunaan MSM dalam pengobatan kanker .

RINGKASANSuplemen MSM umumnya dianggap aman. Namun, mereka dapat menyebabkan efek samping seperti mual, diare dan reaksi kulit pada beberapa orang.

Keamanan MSM dan Efek Samping

MSM dianggap aman dan umumnya ditoleransi dengan baik dengan efek samping yang minimal.

Badan pengatur utama seperti FDA telah memberikannya sebutan Umum Dikenal Sebagai Aman (GRAS).

Sejumlah studi toksisitas telah dilakukan untuk menilai keamanan MSM dan dosis hingga 4.845,6 mg per hari (4,8 gram) tampaknya aman.

Namun, beberapa orang mungkin mengalami reaksi ringan jika mereka sensitif terhadap MSM, seperti masalah perut seperti mual, kembung dan diare. Ketika dioleskan ke kulit, mungkin juga menyebabkan kulit ringan atau iritasi mata.

Selain itu, ada kekhawatiran pencampuran MSM dengan alkohol karena obat-obatan yang mengandung sulfur lainnya dapat menyebabkan reaksi yang merugikan ketika dicampur dengan minuman beralkohol.

Namun, belum ada penelitian yang mengeksplorasi kombinasi yang berpotensi menimbulkan masalah ini.

Garis bawah

MSM adalah suplemen yang populer dengan berbagai kegunaan.

Penelitian menunjukkan bahwa hal itu dapat membantu mengurangi nyeri sendi, menurunkan peradangan, meningkatkan kesehatan kulit, mengurangi gejala alergi, dan mempercepat pemulihan setelah berolahraga.

Selain itu, beberapa bukti menunjukkan bahwa MSM dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mungkin memiliki sifat melawan kanker.

MSM tampaknya aman dan penelitian melaporkan hanya efek samping yang minimal.

Meskipun temuan saat ini pada MSM cukup menjanjikan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami semua manfaat potensinya serta kemungkinan efek samping.

fendy

Author : fendy

Share with

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

Tidak ada produk di keranjang.