Apa yang dilakukan kalium untuk tubuh Anda? Tinjauan rinci

Apa yang dilakukan kalium untuk tubuh Anda? Tinjauan rinci

Pentingnya kalium sangat diremehkan.

Mineral ini tergolong elektrolit karena sangat reaktif dalam air. Saat dilarutkan dalam air, ia menghasilkan ion bermuatan positif.

Properti khusus ini memungkinkannya buat melakukan listrik, yg krusial buat banyak proses pada seluruh tubuh.

Menariknya, makanan kaya kalium dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan yang kuat. Ini dapat membantu mengurangi tekanan darah dan retensi air, melindungi terhadap stroke dan membantu mencegah osteoporosis dan batu ginjal.

Artikel ini memberikan ulasan rinci mengenai kalium atau potassium & apa yg dilakukannya buat kesehatan Anda.

RINGKASAN:Kalium adalah mineral penting yang berfungsi sebagai elektrolit. Ini membantu mengatur keseimbangan cairan, sinyal saraf dan kontraksi otot.

Makanan kaya kalium

Kalium adalah mineral paling banyak ketiga pada dalam tubuh.

Ini membantu tubuh mengatur cairan, mengirim frekuwensi syaraf dan mengatur kontraksi otot.

Kira-kira 98% potassium dalam tubuh Anda ditemukan di sel Anda. Dari jumlah tersebut, 80% ditemukan di sel otot Anda, sementara 20% lainnya dapat ditemukan di tulang, hati dan sel darah merah Anda.

Begitu masuk ke pada tubuh Anda, manfaatnya sebagai elektrolit.

Bila di dalam air, elektrolit larut menjadi ion positif atau negatif yang memiliki kemampuan untuk melakukan listrik. Ion potasium membawa muatan positif.

Tubuh Anda menggunakan listrik ini buat mengelola banyak sekali proses, termasuk ekuilibrium cairan, frekuwensi saraf & kontraksi otot.

Oleh karenanya, jumlah elektrolit rendah atau tinggi dalam tubuh bisa mempengaruhi poly fungsi penting.

RINGKASAN:Keseimbangan cairan dipengaruhi oleh elektrolit, terutama kalium dan sodium. Mengonsumsi makanan kaya kalium dapat membantu Anda mempertahankan keseimbangan cairan yang baik.

Tubuh ini terbuat berdasarkan kurang lebih 60% air.

40% air ini ditemukan di dalam sel Anda dalam zat yang disebut cairan intraselular (ICF).

Sisanya ditemukan di luar sel Anda di daerah seperti darah, cairan tulang belakang dan sel antar sel. Cairan ini disebut cairan ekstraselular (ECF).

Menariknya, jumlah air pada ICF & ECF dipengaruhi sang konsentrasi elektrolitnya, terutama kalium dan sodium.

Kalium adalah elektrolit utama di ICF, dan ini menentukan jumlah air di dalam sel. Sebaliknya, natrium adalah elektrolit utama di ECF, dan ini menentukan jumlah air di luar sel.

Jumlah elektrolit relatif terhadap jumlah cairan disebut osmolalitas. Dalam kondisi normal, osmolalitas sama di dalam dan di luar sel Anda.

Sederhananya, ada keseimbangan elektrolit yang seimbang di luar & pada dalam sel Anda.

Namun, apabila osmolalitas nir sama, air menurut sisi dengan sedikit elektrolit akan berkiprah ke samping dengan lebih banyak elektrolit buat menyamakan konsentrasi elektrolit.

Hal ini bisa menyebabkan sel mengecil saat air berkiprah keluar dari mereka, atau membengkak dan meledak saat air berkecimpung ke dalamnya.

Itulah mengapa krusial untuk memastikan Anda mengkonsumsi elektrolit yang tepat, termasuk potassium.

Mempertahankan keseimbangan cairan yang baik penting untuk kesehatan optimal. Keseimbangan cairan yang buruk dapat menyebabkan dehidrasi , yang pada gilirannya mempengaruhi jantung dan ginjal.

Mengonsumsi makanan kaya kalium & permanen terhidrasi bisa membantu menjaga ekuilibrium cairan yg baik.

RINGKASAN:Mineral ini memainkan peran penting dalam mengaktifkan impuls saraf di seluruh sistem saraf Anda. Impuls saraf membantu mengatur kontraksi otot, detak jantung, refleks dan banyak proses lainnya.

Sistem saraf mengirimkan pesan antara otak & tubuh Anda.

Pesan ini disampaikan dalam bentuk impuls saraf dan membantu mengatur kontraksi otot, detak jantung, refleks dan banyak fungsi tubuh lainnya.

Menariknya, impuls saraf didapatkan oleh ion natrium yang berkecimpung ke sel dan ion potassium keluar dari sel.

Pergerakan ion mengubah voltase sel, yang mengaktifkan impuls saraf.

Sayangnya, penurunan kadar kalium pada darah dapat menghipnotis kemampuan tubuh buat menghasilkan impuls saraf.

Mendapatkan cukup kalium dari makanan Anda bisa membantu Anda menjaga kesehatan fungsi saraf.

RINGKASAN:Tingkat kalium memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kontraksi otot. Tingkat yang berubah dapat menyebabkan kelemahan otot, dan di jantung, hal itu dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur.

Sistem saraf membantu mengatur kontraksi otot.

Tetapi, kadar kalium darah yg berubah bisa menghipnotis frekuwensi saraf pada sistem saraf, melemahkan kontraksi otot.

Baik taraf darah rendah juga tinggi bisa mensugesti impuls saraf menggunakan membarui voltase sel saraf.

Mineral juga penting buat jantung yg sehat, karena gerakannya masuk dan keluar menurut sel membantu menjaga detak jantung secara teratur.

Bila kadar mineral dalam darah terlalu tinggi, jantung bisa menjadi melebar dan lembek. Hal ini dapat melemahkan kontraksi dan menghasilkan detak jantung yang tidak normal.

Demikian pula, tingkat rendah pada darah pula mampu mengubah detak jantung.

Bila jantung tidak berdetak dengan sahih, tidak mampu memompa darah ke otak, organ dan otot secara efektif.

Dalam beberapa perkara, aritmia jantung, atau detak jantung nir teratur, bisa membuahkan fatal dan mengakibatkan kematian mendadak.

Dapat Membantu Mengurangi Tekanan Darah

Dapat Membantu Melindungi Stroke

Dapat Membantu Mencegah Osteoporosis

Dapat Membantu Mencegah Batu Ginjal

Ini Dapat Mengurangi Retensi Air

RINGKASAN:Diet kaya kalium bisa mengurangi tekanan darah & retensi air, melindungi berdasarkan stroke & membantu mencegah osteoporosis dan batu ginjal.

Mengkonsumsi makanan kaya kalium terkait dengan poly manfaat kesehatan yang mengesankan.

Tekanan darah tinggi mempengaruhi hampir satu berdasarkan 3 orang Indonesia.

Ini adalah faktor risiko penyakit jantung, penyebab primer kematian di seluruh global.

Diet kaya kalium dapat mengurangi tekanan darah dengan membantu tubuh mengeluarkan sodium berlebih.

Kadar natrium yg tinggi bisa mempertinggi tekanan darah, terutama bagi orang yang tekanan darahnya sudah tinggi.

Analisis terhadap 33 penelitian menemukan bahwa saat orang dengan tekanan darah tinggi meningkatkan asupan kalium mereka, tekanan darah sistolik mereka menurun 3,49 mmHg, sementara tekanan darah diastolik mereka menurun sebesar 1,96 mmHg.

Dalam studi lain termasuk 1.285 peserta berusia 25-64, para ilmuwan menemukan bahwa orang yg makan potasium paling poly telah mengurangi tekanan darah, dibandingkan menggunakan orang yg makan sedikit.

Mereka yg mengkonsumsi paling poly memiliki tekanan darah sistolik yaitu 6 mmHg lebih rendah & tekanan darah diastolik yg 4 mmHg lebih rendah, homogen-homogen.

Stroke terjadi bila ada kekurangan aliran darah ke otak. Ini penyebab kematian lebih dari 130.000 orang Amerika setiap tahun.

Beberapa penelitian menemukan bahwa mengonsumsi makanan kaya potassium bisa membantu mencegah stroke.

Dalam sebuah analisis terhadap 33 penelitian termasuk 128.644 peserta, para ilmuwan menemukan bahwa orang yang makan potasium paling banyak mempunyai risiko stroke sebanyak 24% lebih rendah daripada orang yang makan paling sedikit.

Selain itu, sebuah analisis terhadap 11 penelitian dengan 247.510 peserta menemukan bahwa orang yang makan potasium paling memiliki risiko stroke sebesar 21% lebih rendah. Mereka juga menemukan bahwa mengonsumsi makanan kaya mineral ini dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Osteoporosis merupakan kondisi yg ditandai menggunakan tulang berongga & keropos.

Ini sering dikaitkan dengan kadar kalsium rendah, mineral penting untuk kesehatan tulang.

Menariknya, penelitian menampakan bahwa kuliner kaya kalium bisa membantu mencegah osteoporosis dengan mengurangi berapa banyak kalsium yg hilang tubuh melalui air kencing.

Dalam sebuah penelitian di 62 perempuan sehat berusia 45-55, para ilmuwan menemukan bahwa orang yg makan potasium paling poly mempunyai massa tulang terbesar.

Dalam penelitian lain dengan 994 wanita pramenopause sehat, para ilmuwan menemukan bahwa mereka yang makan potasium paling poly memiliki lebih banyak massa tulang di tulang belakang dan pinggul bawahnya.

Batu ginjal merupakan gugusan bahan yang mampu terbentuk pada urin terkonsentrasi.

Kalsium merupakan mineral yang generik di batu ginjal, dan beberapa penelitian menerangkan bahwa kalium sitrat menurunkan kadar kalsium dalam urin.

Dengan cara ini, kalium bisa membantu melawan batu ginjal .

Banyak buah dan sayuran mengandung potasium sitrat, jadi mudah dibubuhi ke kuliner Anda.

Dalam studi empat tahun di 45.619 pria, para ilmuwan menemukan mereka yg mengkonsumsi potasium paling poly memiliki risiko 51% lebih rendah terkena batu ginjal.

Demikian juga, dalam sebuah penelitian 12 tahun di 91.731 perempuan , para ilmuwan menemukan bahwa mereka yg mengkonsumsi potasium paling poly memiliki risiko batu ginjal 35% lebih rendah.

Retensi air terjadi ketika cairan berlebih terbentuk di dalam tubuh.

Secara historis, potasium sudah dipakai buat mengobati retensi air.

Studi menunjukkan bahwa asupan potasium yang tinggi dapat membantu mengurangi retensi air dengan meningkatkan produksi urin dan mengurangi kadar natrium.

RINGKASAN:Kalium ditemukan dalam berbagai macam buah, sayuran dan ikan seperti salmon. Sebagian besar otoritas kesehatan menyarankan untuk mendapatkan 3.500-4.700 mg kalium setiap hari.

Kalium berlimpah di banyak makanan utuh , terutama buah-buahan, sayuran dan ikan.

Sebagian besar petugas kesehatan setuju bahwa mendapatkan 3,500-4,700 mg potassium setiap hari tampaknya merupakan jumlah optimal.

Inilah berapa poly potassium yg mampu Anda dapatkan berdasarkan mengonsumsi kuliner tiga,lima ons (100 gr) yg kaya mineral ini.

  • Bit hijau, dimasak: 909 mg
  • Yams, dipanggang: 670 mg
  • Kacang pinto, dimasak: 646 mg
  • Kentang putih, dipanggang: 544 mg
  • Jamur Portobello, dipanggang: 521 mg
  • Alpukat: 485 mg
  • Ubi jalar, dipanggang: 475 mg
  • Bayam, dimasak: 466 mg
  • Kale: 447 mg
  • Salmon, dimasak: 414 mg
  • Pisang: 358 mg
  • Kacang polong, dimasak: 271 mg

Di sisi lain, suplemen over-the-counter bukanlah cara yg cantik buat menaikkan asupan kalium Anda.

Di poly negara, otoritas makanan membatasi kalium dalam suplemen over-the-counter hingga 99 mg, yang jumlahnya jauh lebih rendah dari jumlah yang mampu Anda dapatkan dari satu porsi makanan utuh kaya potassium di atas.

Batas 99 mg ini mungkin lantaran banyak penelitian telah menemukan bahwa dosis potasium takaran tinggi menurut suplemen dapat menghambat usus & bahkan mengakibatkan kematian dengan aritmia jantung.

Namun, orang-orang yang menderita kekurangan potasium mungkin menerima resep berdasarkan dokter mereka buat suplemen takaran tinggi.

RINGKASAN:Kekurangan potassium atau kelebihan jarang terjadi melalui diet. Meskipun demikian, menjaga asupan potasium yang adekuat penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Kurang berdasarkan 2% orang Amerika memenuhi rekomendasi AS buat kalium.

Tetapi, asupan kalium yg rendah sporadis menyebabkan kekurangan.

Sebaliknya, kekurangan sebagian besar terjadi saat tubuh mendadak kehilangan potasium terlalu banyak. Hal ini mungkin terjadi pada muntah kronis, diare kronis atau pada situasi lain dimana Anda kehilangan banyak air.

Ini juga jarang terjadi karena terlalu banyak potassium. Meskipun hal itu mungkin terjadi jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak suplemen kalium, tidak ada bukti kuat bahwa orang dewasa sehat bisa mendapatkan terlalu banyak potassium dari makanan.

Kelebihan potasium darah kebanyakan terjadi saat tubuh tidak bisa mengeluarkan mineral melalui urine. Oleh karena itu, sebagian besar mempengaruhi orang dengan fungsi ginjal yang buruk atau penyakit ginjal kronis.

Selain itu, populasi eksklusif mungkin perlu membatasi asupan potassium mereka, termasuk yg memiliki penyakit ginjal kronis, mereka yg menggunakan obat tekanan darah & orang tua, karena fungsi ginjal umumnya menurun seiring bertambahnya usia.

Namun, ada beberapa bukti bahwa mengkonsumsi terlalu banyak suplemen kalium bisa berbahaya. Ukurannya yang kecil membuat mereka mudah overdosis.

Mengkonsumsi terlalu banyak suplemen sekaligus mampu mengatasi kemampuan ginjal buang kelebihan potassium.

Meski begitu, penting buat memastikan Anda menerima cukup potassium setiap hari buat kesehatan optimal.

Hal ini terutama berlaku buat orang tua, karena tekanan darah tinggi, stroke, batu ginjal dan osteoporosis lebih tak jarang terjadi dalam orang tua.

Anehnya, potasium adalah keliru satu mineral terpenting pada tubuh.

Ini membantu mengatur keseimbangan cairan, kontraksi otot dan sinyal syaraf.

Terlebih lagi, diet dengan potasium tinggi dapat membantu mengurangi tekanan darah & retensi air, melindungi terhadap stroke dan mencegah osteoporosis & batu ginjal.

Sayangnya, sangat sedikit orang yang mendapatkan cukup potassium. Untuk mendapatkan lebih banyak makanan Anda, konsumsilah lebih banyak makanan kaya potassium, seperti sayuran bit, bayam, kangkung dan salmon.

fendy

Author : fendy

Share with

Tinggalkan Balasan

DMCA.com Protection Status

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart

Tidak ada produk di keranjang.